Makanan Autoimun

MAKANAN UTUH UNTUK AUTOIMUN

Makanan Utuh Untuk Autoimun perlu kita pahami supaya meningkatkan kualitas kesehatan. Makanan utuh atau real food adalahmakanan yang berasal dari bahan tunggal. Sebagian besar tidak diproses atau minimal proses, bebas dari bahan kimia tambahan, dan kaya akan nutrisi.

Dunia modern dipenuhi dengan tuntutan yang serba cepat sehingga makananpun disajikan supaya cepat. Makanan kemasan menjamur dan sudah menjadi habbit kebanyakan orang sebagai bahan konsumsi harian. Ini menjadi salah satu pemicu munculnya banyak penyakit. Makanan utuh ini juga menjadi bagian plant base diet yang mungkin akan kita terapkan. 

Beberapa Hal yang bisa kita lakukan untuk mulai menerapkan pola makan yang sehat untuk autoimun ada 7 langkah yaitu:

1.SINGKIRKAN MAKANAN KALENGAN
Makanan kalengan telah melewati proses yang panjang. memang mudah, tinggal ditambahkan atau dipanaskan, namun dampak buat tubuh kita tidaklah baik. justru memicu inflamasi dalam tubuh.
misalnya : Sarden, kornet, daging kalengan, buah dan sayur kalengan.

2.SINGKIRKAN MINUMAN RASA BUAH KEMASAN
jika belum bisa menyingkirkan paling tidak meminimalkan tidak hanya soda, melainkan minuman rasa buah yang dijual dengan kemasan botolan dan mengandung gula lebih besar dibandingkan kandungan buahnya itu juga tidak baik buat tubuh.

3.DOMINAN NABATI
Jika dalam seminggu kita mengkonsumsi nabati (sayur,buah,biji-bijian) yang asli bukan kemasan minimal 30 jenis berbeda maka kita sudah menjalankan kebiasaan makan yang lebih sehat.

4.KONSUMSI MAKANAN PROSES TUNGGAL
Misalnya tidak bisa rawfood yang tanpa proses paling tidak konsumsilah yang prosenya minim. Misalnya setelah rebus/kukus/goreng/panggang/tumis lalu langsung dikonsumsi. Jadi tidak mengolah makanan yang direbus berjam-jam lalu digoreng lalu ditambah lagi proses lainnya. Kandungan gizinya akan terbuang banyak akibat proses yang terlalu panjang.

5.HINDARI MEMANASKAN MAKANAN BERULANG
Memanaskan makanan terutama berbahan sayuran secara berulang-ulang juga akan menghilangkan gizi yang seharusnya masuk kedalam tubuh. Jadi saat makanan masuk, tidak ada gizi yang tersisa untuk diolah bagi tubuh. sayang sekali bukan? maka beli/masaklah secukupnya

6.MINIMALKAN MAKANAN INSTANT DAN FROZEN PABRIKAN
misalnya sosis, nugget, jajanan dan makanan instant. Kita semua tahu bahwa meskipun enak dan cepat namun kandungan yang terdapat di dalamnya miskin nutrisi. Makanlah makanan yang kaya nutrisi lebih dominan dibanding makanan minim nutrisi.

7.MINIMALKAN GULA
Karena gula menjadi salah satu faktor pemicu inflamasi dalam tubuh. Tidak hanya meminimalkan makanan manis kemasan, manis dari gula asli juga diminimalkan. Bukan berarti dilarang sama sekali. Semua yang masih dalam batas wajar dan seimbang masih diperbolehkan.

Makanan Utuh Untuk Autoimun ini jika menjadi pola makan yang diterapkan dalam keseharian akan menunjang perawatan kita dalam pengobatan autoimun yang sedang dijalani. Mari semangat hidup sehat. untuk informasi lain seputar autoimun bisa juga mengakses instagram https://instagram.com/keziayamamoto

Salam sehat,
Kezia Yamamoto

KEADAAN KESEHATAN KITA ADALAH OUTPUT YANG BERASAL DARI BERBAGAI INPUTAN SEJAK LAMA SALAH SATUNYA MAKANAN. JIKA MAU MENGUBAH OUTPUT MAKA INPUTNYA HARUS DI UBAH JUGA

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto