KESALAHAN PASIEN AUTOIMUN

KESALAHAN PASIEN AUTOIMUN

Kesalahan Pasien autoimun pernah saya bahas di instagram dengan judul 3 KESALAHAN YANG BIASA DILAKUKAN OLEH PASIEN AUTOIMUN dalam bentuk micro blog. Pada saat kita terdiagnosa wajar untuk kita mencari informasi sebanyak mungkin. Namun ternyata tidak semuanya tepat.

Menurut pengalaman saya pribadi ketika browsing internet saya menjumpai ada banyak sekali informasi namun datanya tidak valid. Bahkan cenderung dicocok-cocokan dan mengikuti pola diet tertentu dari sebuah golongan yang belum tentu cocok untuk kondisi kita. Mari cek paa saja kesalahan umum yang biasa dilakukan dan bisa fatal untuk kita penyandang autoimun?

1. Menganggap Bahwa Tidak Bisa Sembuh dan Tidak Ada Obatnya Berarti Tidak Ada Jalan Menuju Sehat
Mindset seperti ini akan membuat kita berjuang hanya sekedar untuk bertahan hidup, bukan untuk mengatasi keadaan agar lebih baik. Sementara mengalami autoimun tidak berarti akhir hidup dan tidak ada jalan menuju hidup yang lebih sehat. Ada banyak cara yang bisa ditempuh dan tentunya bersinergi dengan medis agar kita bisa mengalami pemulihan dan progres yang lebih signifikan berdasar kondisi bukan berdasar asumsi.

2. Asal meniru pola survivor lain dalam menerapkan makanan, minuman, suplemen, dll.
Yang Seperti ini biasanya survivor lain makan apa diikutin, pantang apa diikuti, minum suplemen tertentu diikuti juga, sementara tubuh masing-masing orang berbeda, meskipun sama sama diagnosis penyakitnya mungkin sama. Jika kita meneruskan cara semacam ini bisa berakibat fatal karena jika ternyata respon tubuh kita negatif atas makanan/minuman/suplemen tersebut kondisi kita bukannya membaik, malah menjadi buruk.

3.Tidak Mau Mengenali Tubuh Sendiri
Tidak mau mengeluarkan effort untuk mencaritahu respon tubuh terhadap pemicu, mencatat dan mengeliminasi satu demi satu. Maunya yang instant. Yang seperti ini biasanya cenderung mencari obat/suplemen yang dianggap “ampuh” untuk menyembuhkan dengan cepat. Padahal kondisi kita menjadi buruk tidak terjadi seketika. keadaan kita hari ini adalah dominasi hasil dari apa yang kita lakukan, kita makan, kita pikir di hari hari sebelumnya.

KESALAHAN PASIEN AUTOIMUN ini banyak terjadi dan harapan saya ketika Anda memnaca artikel ini, Anda bisa memperbaiki mindset dan cara pikir sebagai pasien autoimun. Alangkah sebaiknya kita memahami tubuh sendiri. Bisa baca artikel saya sebelumnya dengan judul cara mengenali tubuh sendiri. Saat kita mengelai tubuh sendiri, kita akan semakin dekat dengan kondisi remisi.

” MARI MENGENALI TUBUH SENDIRI
AGAR SEMAKINDEKAT DENGAN REMISI”

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto