4 PILAR SEHAT AUTOIMUN

4 PILAR SEHAT AUTOIMUN

4 Pilar Sehat Autoimun ini saya tulis dalam bentuk artikel untuk menjadi informasi meskipun sudah pernah saya bahas di Instagram. Kita tahu bahwa tidak ada jalan pintas menuju sehat. Karena keadaan kita hari ini adalah dominasinya adalah hasil dari bagaimana kita hidup di hari-hari sebelumnya. Jadi jika kita sudah terdiagnosa penyakit kronis salah satunya autoimun, maka kita perlu effort untuk memperbaiki kondisi.

Mungkin dalam beberapa kasus tidak bisa kembali normal 100%. Akan tetapi akan ada progres yang baik jika kita menjalankan serangkaian proses yang diperlukan untuk menuju pemulihan yang lebih baik untuk tubuh kita. Apa sajakah rangkaian proses tersebut?

1.RECOGNIZE & REMOVE
atau dalam bahasa indonesia adalah mengenali dan membuang tahapan ini adalah tahapan penerimaan diri, mengenali sumber lalu membuang semua sumber yang berpotensi menyebabkan kondisi semakin memburuk misalnya:
– mengenali keprobadian agar menentukan cara pemulihan misalnya orang yang extrovert dengan introvert pasti berbeda cara pemulihannya.
– membuang pergaulan yang toxic
– membuang dampak sosial media yang toxic untuk pikiran
– mengubah mindset yang salah
– mengenali dan membuang pemicu flare/kambuhan

2.RESTORE
tahapan kedua adalah menempatkan kembali kepada fungsi semula kompinen dasar dalam hidup yang berkaitan dengan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga hal-hal yang sudah salah di tahap pertama bisa diperbaiki misalnya:
kesehatan jiwa/pikiran
– kesehatan pencernaan
– kesehatan pembuangan
– nutrisi dan olahraga

3.REPAIR
tahapan ketiga adalah memperbaiki secara bertahap satu persatu hal-hal yang telah kita identifikasi dan berperan dalam keadaan kita hari ini antara lain:
– pola makan
– management kerja
– management stress
– support system

4.RELAX
tahapan ini adalah dalam porses memperbaiki kita menggunakan hal-hal yang ada di sekitar kita untuk relaksasitermasuk menerapkan waktu yang sesuai untuk setiap kegiatan. Hidup harus seimbang supaya kesehatan dan kewarasan terjaga. hal-hal yang bisa dilakukan misalnya:
– deep breathing
– afirmasi
– rekreasi
– penggunaan oil

4 Pilar Sehat Autoimun di atas jika dikerjakan seara konsisten dan persisten akan membawa perubahan kesehatan yang lebih baik, ketika tubuh kita sehat kita bisa lebih mudah melakukan apapun. Kesehatan kita berharga, yuk kita jaga. Untu ksetiap detail dari poin pilar di atas akan dibahas di postingan-postingan berikutnya atau bisa melihat di instagram saya dalam bentuk micro blog. Salam sehat untuk kita semua.

with prayer,
Kezia Yamamoto

“Syukuri hidup salah satunya dengan cara menjaga tubuh. Mari semangat hidup sehat”

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto