HIDUP SEHAT DENGAN AUTOIMUN

Sekian lama hidup dengan autoimun dan ingin hidup sehat dengan autoimun? ini yang harus dipahami dan dikerjakan oleh kita para odamun (orang dengan autoimun) dalam kehidupan sehari-hari. Kadang kita memikirkan yang jauh tak terjangkau, sementara sebenarnya melalui hal-hal sederhana setiap hari kita bisa meningkatkan kualitas kesehatan. Yang harus dilakukan adalah:

1.Jangan Hidup Di Masa Lalu

Ketika kita mendapati kenyataan bahwa kita mengalami autoimun. Terimalah kenyataan tersebut. Denial tidak akan membawa dampak apapun dalam hidup kita, selain dampak buruk. Terima bahwa kondisi kita berbeda dengan sebelumnya. Ketika orang lain bisa bekerja fulltime, bisa berlari, bisa makan sepuasnya terimalah. Bersyukurlah dengan keadaan hari ini.

Jangan bandingkan terus kondisi ketika kita mengalam autoimun dengan masa dimana kita belum sakit. Saya yang stabil kondisi dan sehat sekian tahun  lamanya pun cukup tahu diri untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan saya tidak mengerjakan pekerjaan yang berat, saya ga banyak kumpul dengan orang yang menguras energi karena apa? karena saya tahu hidup saya berbeda.

Percuma kita berkata terus menerus “dulu aku begini, dulu aku begitu, kenapa sekarang begini, kenapa sekarang begitu” apa gunanya? yang lalu biarlah berlalu. Ketika kita bisa menerima kenyataan berbeda dari masa lalu maka kita akan bisa mudah untuk move on!

2.Jangan Hidup Di Masa Depan

Ketika sakitpun jangan hidup di masa depan, banyak yang baru didiagnosa autoimun langsung berpikir bahwa  kematian sudah dekat ,sedih meratap berminggu-minggu, tidak mau makan, merasa dunia hancur seketika. Hey.. sakit kita bukanlah akhir dari kehidupan. Buat anda yang baru terdiagnosa. jangan langsung memikirkan mau mati dan berpikir terlalu jauh “nanti anak saya bagaimana” , “nanti keluarga saya bagaimana” ,”nanti kucing peliharaan saya bagaimana”, urusan hidup dan mati itu di tangan Tuhan.

Kalau Tuhan belum berkehendak, kita sekaratpun bisa tetap hidup (seperti yang pernah saya alami) tapi kalo Tuhan berkehendak, kita cuma kepeleset atau tersedakpun bisa meninggal. So jangan terlalu jauh di masa yang kita sendiri belum tahu akan bagaimana. Planning itu baik, tapi penentunya adalah Tuhan dan jangan sampai kita dikuasai pikiran yang salah akan masa depan yang jelas jelas masih jauh sekali di depan kita.

3.Hiduplah Di Masa Sekarang

Yang terbaik adalah hiduplah di masa sekarang. Setiap pagi masih dikasih nafas hidup, bersyukurlagh! bersemangatlah! lakukan yang terbaik yang kita bisa. tersenyumlah untuk hidup kita, jaga makanan kita, olahraga, lakukan kegiatan yang positif, dengarkan atau baca kisah kisah / tayangan/ buku yang membangun. latihlah fisik agar menjadi kuat. Kesusahan sehari cukup untuk sehari, namun selagi mampu kerjakanlah yang terbaik.

berjuanglah satu hari ini lagi. itulah yang saya lakukan semasa sakit parah dan lumpuh sampai akhirnya bisa sehat kembali. Hiduplah hari ini dengan antusias dan alamilah progres kesehatan yang semakin baik.  Versi video kolaborasi dengan Tjung production bisa cek di Youtube Channel Autoimmune TV Yaa.. Salam Sehat.

-Kezia Yamamoto

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

2 comments
  • Apakah untuk autoimun bisa makan ayam? Tdk di goreng.. Tapi di rebus.. Atau di bakar pakai sedikit minyak zaitu? Dan apakah garam dan beras merah jg diperbolehkan?
    Buah2an jg apakah hanya diperbolehkan makan sedikit?

    • pada dasarnya tidak ada pantangan saklek yang berlaku untuk autoimun. jadi tidak ada pola makanan ABC dilarang atau makanan ABC diperbolehkan.
      yang perlu adalah mengenali badan sendiri.
      jika makan ayam dan tidak ada reaski negatif maka silahkan lanjutkan
      minyakpun tidak masalah selama batas wajar dan minyak baru yang sehat misal minyak wijen minyak kelapa, minyak canola
      utk beras apapun bisa selama tidak ada reaski negatif, jika memang makan nasi lalu ada reksi negatif barulah dihindari. buah sayur dominan lebih baik namun jenis buahnya apa dan sayur apa jga dikenali sendiri
      respon tubuh beda beda
      saya tidak bisa makan apel, perut langsung tidak nyaman, tapi orang lain kan belum tentu, meskipun apel itu sehat. jadi mulailah mengenali badan sendiri jangan mengenali badan orang lain, jangan asal meniru.

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto