MERESPONI HASIL LAB AUTOIMUN

Hasil lab ANA IF positif lalu kaget karena artinya autoimun? jangan kaget terlebih dahulu karena kita harus benar dalam meresponi hasil lab autoimun. Hasil lab adalah alat bantu yang akan membawa kita kepada kejelasan diagnosa, namun bukan satu-satunya alat ukur yang menunjukkan diagnosa sebuah penyakit termasuk autoimun sekalipun.

HASIl LAB BUKAN SATU-SATUNYA PENENTU DIAGNOSA.

HASIL LAB ANA IF POSITIF.  Belum tentu artinya kita sakit autoimun loh, orang kondisi sehat dan normalpun bisa positif. Banyak sekali terjadi orang karena sedang musim sakit autoimun atau sekedar cek karena keluarganya ada yang sakit autoimun, ternyata hasilnya positif. ketika ANA IF positif perlu ada cek lab lainnya yaitu ANA PROFILE dan tes lab penunjang yang tidak sedikit untuk memastikan diagnosa. jadi jangan terburu-buru panik jika hasil lan ANA IF Positif.

HASIL LAB ANA IF NEGATIF. Ketika hasilnya negatif juga belum tentu kita tidak sakit autoimun. Jadi jangan abaikan jika hasilnya negatif. Tidak hanya ANA IF, ini juga berlaku untuk hasil lab lainnya. contoh kasus odamun RA yang RF nya negatif juga banyak, itu namanya disebut RA seronegatif. jadi ketika menerima hasil lab tapi negatif , konsultasikanlah supaya bisa diperjelas oleh dokter yang menangani.

GEJALA KLINIS adalah yang harus diperhatikan, karena yang diobati adalah gejala klinis yang dialami tubuh, dokter tidak mengobati hasil lab. karena hasil lab bisa berubah tergantung kondisi saat kita melakukan pemeriksaan, contoh saat kita cek lab saat demam dengan saat sehat hasil bisa berubah. jadi jangan hanya berpatokan dengan hasil lab saja. berkomunikasilah dengan dokter yang merawat supaya ada kejelasan informasi dan bisa mendapat perawatan yang tepat.

untuk penjelasan versi video bisa visit Youtube Channel Autoimmune TV kolaborasi dengan Tjung production. So, jangan terburu buru dalam menentukan diagnosa jika baru menerima hasil lab ya…. stay calm and be healthy

-Kezia Yamamoto

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned invalid data.
Ditulis oleh Kezia Yamamoto