Apakah Menu Untuk Autoimun Ribet ?

Menu makanan untuk orang autoimun tidaklah ribet kalo di pikiran kita tertanam hal yang benar. fakta di lapangan orang banyak kebingunan karena pendapat bahwa orang dengan autoimun WAJIB DIET INI ITU Seumur hidup. Dan saya mau mengedukasi kita semua mengenai makanan ini.

Sebelum melanjutkan membaca bagian ini, anda perlu membaca artikel saya sebelumnya mengenai bagaimana mengenali tubuh kita sebagai odamun (orang dengan autoimun ) karena dasarnya sudah saya tulis disana. Kita harus mengenali tubuh kita sendiri, bukan kata orang lain, ketika kita mengenali tubuh kita bisa mencari akar masalah dan kemudian bisa menemukan solusi yang tepat untuk tubuh kita.

Ingat respon tubuh tiap orang berbeda, jadi jangan habiskan waktu untuk mencaritahu apa yang cocok untuk orang lain, tapi temukanlah apa yang cocok untuk tubuh kita. Tidak ada diet pasti untuk orang autoimun, semua harus dikenali sendiri. mana yang sesuai mana yang tidak.

Mengenai makanan prinsip yang harus kita pegang adalah :
  1. mindset benar. Makanan untuk obat bukan obat untuk makanan, sehingga kita ngga stress dengan makanan. Jangan ketakutan dengan makanan. Bisanya saat ini makan apa, syukurilah dan terimalah. Yakini itu bisa membawa kesehatan bagi tubuh kita.
  2. sehat seimbang. Makanan tanpa pengawet, pewarna, perasa, vetsin, rekayasa genetik ( GMO ), makanan instant, junk food  yang dihindari itu bukan diet khusus autoimun. itu adalah standar makanan yang harus kita hidupi setiap hari entah kita sakit atau tidak. Jadi jangan berpikir kalo sakit ngga boleh makan yang begitu kalo ngga sakit boleh makan. ini pandangan yang keliru dan sangat menyesatkan. kalo kita sehat bukan berarti seenaknya karena sakit ga datang hitungan detik tapi akumulasi .salah satu peran akumulasi adalah dari makanan. ingat you are what you eat. Kita mau makanan jadi menyehatkan atau merusak? itu semua tergantung keputusan. dan makanan sehat seimbang adalah wajib.
  3. minim proses. Makanlah makanan yang minim proses, apalagi kelamaan dan makanan menginap yang dipanaskan berulang. carilah yang simpel, sedikti bumbu dan bisa diterima oleh tubuh kita.
  4. temukan yang mudah di sekitar kita. Temukanlah bahan yang sehat dan mudah ditemukan di sekitar kita.  jangan suka bandingkan kita dengan orang lain yang mungkin masaknya pakai panci titanium, bahannya impor, jika bisa mendapatkannya ya silahkanm tapi jiak tidak cari yang mudah mudah saya. browsing resep olah supaya ngga bosen gitu gitu aja. jadi kreatiflah dengan bahan yang biasa dan mudah tapi menarik untuk dinikmati. pasti bisa kalo kita tidak malas. :-p
  5. dominan sayur dan buah.  ya banyaklah konsumsi sayur dan buah untuk cepat merecovery tubuh karena banyak kandungan vitamin dan mineral dalam sayur buah sangat menolong mempercepat pemulihan.
  6. Tidak harus organik. banyaknya komunitas bahkan ada yang mewajibkan anggotanya makan makanan organik menurut saya tidaklah bijak. organik berarti alami. namun kenyatannya mendapati yg benar benar alami di era sekarang apalagi di kota sangatlah susah, jika ada  harus mengeluarkan biaya besar dan jadi menambah stress sebagai orang sakit. Maka jika mampu  dan mudah mendapatkan atau bisa menanam sendiri silahkan karena idealnya makanan organik. Namun jika tidak janganlah ketakutan dan stress ga akan sehat karena makanan. pahamilah cara proses nya, misal sebelum masak sayur buah cuci dulu dengan air lemon agar meminimalkan bahan kimia/racun. just info saya tidak mendewakan makanan organik tapi saya bisa sehat dan lepas obat sejka 2016 sampai sekarang.

Nah jadi ngga ribet ya makanan untuk autoimun? mudah kalo kita mau buat mudah. ribet karna kita sendiri yang buat ribet. So pilihlah mau ribet apa simpel. kalo saya milih yang simpel simpel aja, karena buktinya saya sehat hanya dengan yang simpel simpel. Salam Sehat !

makanlah dengan doa dan ucapan syukur. Makanan oragnik dan semahal apapun jika dimakan dengan ketakutan dan kemarahan karena sakit, tidak akan menjadikan tubuh kita sehat. Namun makanan sederhana yang kita olah dengan semangat dan cinta kepada tubuh pemberian Tuhan, akan bermanfaat bagi tubuh kita.

 

 

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

2 comments
Ditulis oleh Kezia Yamamoto