ALMOND BUKANLAH KACANG

Taukan bahwa almond bukanlah keluarga kacang-kacangan ? YA almond yang biasa disebut orang kacang almond merupakan biji dari buah almond atau buah badham dengan nama ilmiah Prunus dulcis.

Jika berbicara mengenai kacang, maka yang digolongkan ke dalam kacang adalah tumbuhan yang buah dan bijinya tumbuh sekaligus dalam satu cangkang. Contoh hazelnut, tumbuh tanpa daging buah, cangkangnya langsung terlihat bahkan saat masih menempel pada pohon. Lain halnya dengan almond. Biji almond berada di dalam, sama seperti buah mangga. Buah almond bentuknya hampir sama dengan persik. Saat panen, para pemanen akan mengambil daging buah tersebut, lalu menyisakan biji buah almond

Almond memiliki banyak manfaat,antara lain :

1. Kesehatan kulit

2. Membangun Otot

3. Menyehatkan kulit

4. Memperbaiki Angka Kolesterol Darah

5. Sumber Antioksidan

6. Menyehatkan pencernaan

7. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

8. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

9. Menjaga Kesehatan Bayi dalam Kandungan
Almond mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil, karena asam folat membantu pertumbuhan bayi yang normal. Kekurangan asam folat bagi ibu hamil beresiko melahirkan bayi cacat. Oleh sebab itu di negara tertentu ibu hamil diwajibkan untuk memakan biji almond ini.

 

Dan masih banyak manfaat lainnya. Namun jangan mengkonsumsi almond berlebihan. Karena Tiap 100 gram almond mengandung mangan 2,3 mg, yang merupakan batas atas kebutuhan mineral harian Anda (Anda memerlukan 1,3 sampai 2,3 mg mangan setiap hari). Hal ini sangat mungkin bahwa selain  almond, Anda juga mengonsumsi sumber mangan lainnya seperti biji-bijian, sayuran berdaun dan teh. Diet yang kaya akan mangan dapat mengganggu asupan obat pencahar, obat tekanan darah dan antibiotik. Kembali lagi dengan konsep bahwa segala sesuatu yg berlebihan tentu kurang baik.

Secara botani almond bukan kacang, melainkan biji buah namun secara manfaat kita bisa percayai karena bagus untuk kesehatan selama tidak dikonsumsi berlebihan. Apalagi dengan mengalami autoimun harus berhati hati dengan makanan. Bagus untuk satu orang belum tentu bagus untuk lainnya, harus bijaksana meskipun almond relatif aman bahkan sering digunakan untuk pengganti susu sapi karena susu almond membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

Tetap dikenali dan diuji di tubuh masing masing ya, supaya tidak berakibat buruk buat kesehatan kita sebagai odamun.

 

Kezia Yamamoto

( Diambil dari berbagai sumber )

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Ditulis oleh Kezia Yamamoto