FULL MOON vs AUTOIMMUNE

Dua hari ini lagi heboh full moon alias bulan purnama di kalangan odamun (orang dengan autoimun) , untuk bisa mendapatkan informasi yang tepat juga bagaimana meresponinya, berikut saya copy dari salah seorang dokter bernama Dokter Novi melalui channel telegram t.me/klinikautoimunkanker , yang memberikan penjelasan tentang kaitan antara full moon dengan autoimun. Tidak saya kurangi atau tambahi dari apa yang beliau sampaikan, silahkan di simak dulu baru saya akan memberikan masukan bagaiman kita menyikapi sebagai odamun agar tidak terlalu berlebihan. Ketika kita tahu dengan jelas maka kita bisa mengatasi dengan mudah.

——————————————————————————–

Pagi sahabat semua… Semoga baik yaa setelah melalui saat-saat bulan purnama hingga 2 hari ke depan. Pada saat bulan purnama, gravitasi bumi akan berubah seiring dengan besarnya gaya gravitasi bulan. Tubuh manusia terdiri atas beragam komponen di antara nya air dan mineral yang akan terpengaruh pergerakannya oleh kondisi perubahan gravitasi ini.  Untuk mempertahankan kondisi dalam keseimbangan dinamis maka hormon dan bahan kimia otak akan melakukan beberapa penyesuaian. Semuanya diatur oleh kelenjar adrenal di atas ginjal. Pada penyandang autoimun dan kanker, kerja kelenjar adrenal kurang optimal yang berakibat perubahan ini sering tidak terkompensasi baik. Mineral bergerak tidak sempurna. Sistem imun bekerja tidak seimbang, akibatnya yang memiliki infeksi menahun seringkali muncul pada waktu-waktu ini seperti jamur candida, cacing, helicobacter, atau yang terbanyak adalah EBV. #fullmoon #adrenalinsufisiensi

Gejala adrenal insufisiensi antara lain

  • sakit kepala
  • rasa melayang bahkan bisa vertigo
  • nyeri pinggang
  • nyeri lambung
  • nyeri kaki
  • kulit pucat bisa disertai menggigil
  • mual muntah dan bahkan bisa disertai diare
  • mengantuk dan atau lemas
  • tidak nafsu makan atau justru menjadi adiksi gula
  • gangguan konsentrasi, memori dan bisa disertai penurunan kesadaran
  • kebingungan
  • gula darah drop
  • tekanan darah turun
  • adanya kedutan bahkan kejang atau keram
  • muncul serangan jantung karena gangguan irama jantung
  • napas berat

Bila berat silahkan mengunjungi IGD. Minta pemeriksaan darah lengkap dengan hitung jenis untuk melihat ada atau tidaknya infeksi oportunis. Perhatikan juga keseimbangan mineral. #adrenalinsufisiensi

Beberapa tindakan berikut perlu dilakukan untuk membantu kerja kelenjar adrenal :

  • Beristirahatlah. Jangan paksakan bekerja bila kondisi sudah mulai terasa berat. Dengarkan tubuh anda.
  • Bagi yang bekerja dengan komputer dan alat elektronik radiasi tinggi, kurangi aktivitas. BIla memungkinkan gunakan alat proteksi radiasi.
  • hindari tidur dengan Hape menyala dan tercharge dekat dengan kepala karena akan makin memperberat kerja mineral di otak dan mengganggu konduksi saraf otak. Terutama penyandang DCD, lupus, SS, atau kanker lain yang dasarnya adalah gangguan mineral atau trace element.
  • Konsumsi air mengandung mineral terutama magnesium dan kalium seperti air kelapa, jus semangka, air jeruk, dll
  • hindari asupan gula sederhana. bila kondisi gula drop konsumsi gula yang cukup aman seperti madu atau yogurt yang manis. Hindari gula pasir dan tepung terigu karena akan membuat kadar mineral magnesium dan kalium menjadi semakin turun.
  • hindari minuman stimulasi seperti minuman energi, kopi, dan sebangsanya. Terutama sebelum pukul 9 pagi atau sesudah pukul 15 sore.
  • Hindari makan berat setelah pukul 8 malam karena perut yang penuh akan mengganggu proses detoksifikasi dan menaikkan hormon cortisol yang seharusnya turun di malam hari.
  • beberapa suplemen yang dapat membantu antara lain vitamin C (gunakan yang ada buffernya), Alpha liphoic acid, zinc picolinate, vitamin B 12 (bisa dalam bentuk metylcobalamin atau cyanocobalamin), dan magnesium.

          #adrenalinsufisiensi #adrenalfatigue

Bagi teman-teman yang menggunakan steroid, bila kondisi berat, silahkan konsultasi dengan dokternya untuk penyesuaian dosis. Mungkin perlu dinaikkan sedikit dosisnya. Jangan khawatir. Bila kondisi sudah memungkinkan, bisa disesuaikan kembali untuk diturunkan. #adrenalinsufisiensi #steroid

Latihan bernapas, musik yang rileks, dzikir (bagi muslim) dapat membantu mengerem aktivitas otak yang meningkat dan mengendalikan emosi. Inilah sebabnya di negara barat mereka menyebutnya wolf syndrome pada saat menjelang dan selama bulan purnama. Kerja otak yang sangat cepat memudahkan emosi terpancing. Jagalah pikiran dan hati. Tetap positif. Bagi muslim, disunahkan puasa setiap pertengahan bulan untuk mengendalikan kondisi ini. #fullmoon #wolfsyndrome #adrenalinsufisiensi #adrenalfatigue

Punya pertanyaan ? Silahkan ajukan melalui message di fanpage saya www.facebook.com/dokternovia.


dari penjelasan Dokter Novi di atas, sudah jelas bahwa yang namanya full moon adalah kondisi alam yang memang wajar terjadi, namun ada efek bagi kita odamun. Efek itu tidak akan parah jika kita bisa mengantisipasi dan tau cara pengendaliannya. Nah yang perlu kita sikapi adalah

  • jangan berlebihan dalam merespon full moon, ini bukan hal dahsyat yg membawa kehancuran koq, sama kaya ketika kita datang bulan (bagi perempuan) kan ada perubahan hormon yang sifatnya memang temporer.
  • full moon adalah peristiwa alam yang terjadi di luar kontrol manusia, jadi kita lakukan bagian kita yaitu melakukan tindakan untuk meminimalkan efek buruk seperti yang dijelaskan di atas, misalnya dengan beristirahat, lalu hindari gluten, gula jika memang perlu konsumsilah gula dari madu, dll bisa dibaca lagi what to do nya di atas.
  • efek yang terjadi jangan sampai menjadi pembenaran jika kita menjadi BaPer (bawa perasaan) akut dan menjadi lebih emosional. tanpa full moon pun orang kena autoimun udah sensitif koq, jadi kembali lagi harus bisa kendalikan diri.

untuk saya pribadi tidak terlalu berpengaruh, mungkin karena selama ini sudah stabil dan remisi obat hampir 1 tahun. Ingat bagaimana keseharian kita dengan pola makan yang sehat seimbang, cara berpikir dan pengendalian stress sangat mempengaruhi keadaan kita. Akhir kata, jangan heboh berlebihan alias lebai ya menyikapi full moon. Tidak perlu takut juga lihat full moon di balkon atau atap rumah karena memang indah koq, bulan ngga salah, posisi dia saat full moon yang mempengaruhi grafitasi yang pada akhirnya mengakibatkan ada efek ke tubuh kita yang odamun, kita mau posisinya di dalam atau luar rumah sama saja koq. Kasihan kan bulannya, kata rekan saya kalo bulan bisa ngomong pasti dia sedih dan complain karna disalahkan sebagai kambing hitam atas kondisi kita. hehehe. Bukan bulannya yang perlu berubah, tapi hati kita serta cara pandang kita yang harus berubah. jadilah odamun yang cerdas! Sehat semangat semuanya..

 

 

Kezia Yamamoto, S.Kom, M.Th

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto