TIPS MENGATASI KERONTOKAN RAMBUT SECARA ALAMI

Para odamun (orang dengan autoimun) biasanya mengalami kerontokan yang semakin hari semakin parah. Pernah mengalami dan mengamati kerontokan yang kalian alami? kalau saya sering sampai sedih banget dan harus cari cara supaya bisa meminimalkan. Nah berikut beberapa tips agar rambut tidak rontok terlalu parah, silahkan coba dan sesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing ya. saya mencobanya dan berhasil, barangkali ini bisa diterapkan ke orang lain.

Hindari Memelihara Rambut Terlalu Panjang

Rambut panjang sangat rawan mengalami kerontokan, apalagi dengan konsumsi obat-obatan membuat menjadi semakin rapuh sehingga mudah rontok. Solusinya harus rela memangas rambut. Tidak harus terlalu pendek tapi setidaknya mengurangi panjangnya. Rambut panjang juga membuat kelembaban lebih lama, secara tidak langsung mempengaruhi nyeri sendi loh odamun, jadi daripada makin sakit dan sedih lebih baik direlakan dulu potong rambut jika masih konsumsi obat-obatan, toh nanti bisa panjang lagi setelah tubuh pulih.

Biarkan Kering Alami Setelah Keramas

Ketika keramas, usahakan hindari penggunaan hairdryer atau ditutup handuk. Karena ketika menggunakan hair dryer anginnya mengenai kulit kepala dan itu kurang bagus. Sementara jika kepala ditutup handuk setelah keramas akan menjadikan kulit epala lembab dalam waktu yang lama sehingga efeknya kerontokan ( nah kebayang kan kalau rambut panjang lalu cara pengeringannya salah jadi rontoknya parah banget ) biarkan alami. Memang kesannya jadul dan lama tapi memang alami itu yang terbaik. Hindari juga penggunaan alat penata rambut yang menggunakan listrik (pemanasan) karena membuat rambut semakin rapuh.

Menggunakan Jeruk Nipis

Beberapa jeruk nipis diperas dan saring airnya saja supaya bersih. Gunakan kapas untuk mengoleskan ke kulit kepala. Tunggu selama 15 menit lalu keramas. Gunakan seminggu 2x jeruk nipis membantu memberikan vitamin di akar rambut, dan juga menolong mengurangi ketombe loh odamun.

Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO)

Siapkan beberapa sendok Virgin coconut oil (VCO) dalam wadah mangkuk kecil, gunakan kapas untuk mengoleskan VCO ke kulit kepala secara merata. Diamkan 15 menit lalu keramas hingga bersih. VCO membantu memperkuat akar rambut dan membuat rambut lebih bercahaya sekaligus bisa menghilangkan ketombe.  Gunakan seminggu 2x

Gunakan Sisir Dari Bahan Kayu

Pakai sisir dari bahan kayu dan bergerigi jarang, supaya mengurangi kerontokan. Penggunaan sisir plastic seringkali membuat rambut menjadi rontok.

Gunakan Hair Tonic

hair tonic setelah keramas pada saat rambut dalam kondisi setengah kering akan sangat menolong mengurangi kerontokan agar tidak semakin parah. pilihlah merk yang cocok bagi rambut kita.

selamat Mencoba!

Kezia Yamamoto, S.Kom, M.Th

 

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto