Satu lagi referensi dokter spesialis yang sudah sangat terkenal dan ahli di bidang Autoimun yaitu dr. Iris Rengganis, SpPD-KAI. Sosoknya yang ramah, baik, sabar dan rendah hati membuat banyak pasiennya sangat bersyukur dan tentunya mempengaruhi kondisi kesehatan para pasiennya menjadi semakin baik hari demi hari. Rekan-Rekan saya yang berobat ke beliau selalu menceritakan kesan baik dan rata-rata mereka adalah pasien yang sudah sejak lama berkonsultasi dengan dr.Iris.

Dokter Iris sangat aktif dalam bidang kedokteran, beberapa track record yang saya ketahui adalah beliau menjadi staff pengajar di fakultas kedokteran UI, menjadi dokter Haji dan juga aktif dalam organisasi Autoimun di Indonesia. Silahkan browsing di Internet atau Youtube, teman-teman pasti akan banyak menjumpai beliau berbicara mengenai Autoimun. Sosok yang sangat peduli dan edukatif mengenai autoimun karena memang di Indonesia kasus autoimun semakin bertambah jumlahnya. kesabaran, kedetailan dan kehati-hatian menjadi sikap yang sangat terlihat jelas dalam setiap menangani pasiennya. Jadi jika teman-teman mencari dokter yang berpengalamn di bidang Autoimun, dr.Iris sangat direkomendasikan.

beliau praktek di beberapa Rumah Sakit, rekan-rekan bisa sesuaikan dengan lokasi terdekat dan jangan lupa konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak Rumah Sakit jika ingin mendaftar berkonsultasi dengan dr.Iris Rengganis.

R.S Cipto Mangunkusumo ( RSCM Kencana )Klinik Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Imunologi

Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta Pusat

Tlp : (021) – 330808, 3144756, 3901192

R.S Mayapada 

Jl. Lebak Bulus I Kav. 29 Cilandak – Jakarta Selatan

Telpon (021) 2921 – 7777

R.S Pondok Indah

Klinik Alergi Imunologi Lt.2

Jalan Metro Duta No.Kav. UE, Pondok Indah, Jakarta Selatan

Call Center untuk perjanjian (021) 765 7525 Ext.2

Telepon Informasi (62-21) 765 7525 Ext. 2309/2323

Semoga info ini berguna buat odamun (orang dengan autoimun) di seluruh Indonesia. don’t crack under pressure, terus berusaha dan berjuang sampai pulih. semangat!

Kezia Yamamoto, S.Kom, M.Th

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

54 comments
    • Halo, untuk dokter rekomen yg menngani HSP ada

      Dr. Sandra Sinthya Langow SpPD-KR
      praktek di Siloam Lippo Village Karawaci
      021. 80646900
      jam praktek : senin-sabtu mulai jam 8 pagi sampai sore jam 3 an

  • Halo kak kezia mama saya mengidap Multiple sclerosis dan sekarang lagi terserang optic neuropathy, dokter imunologi yang bisa direkomendasikan untuk menanggani MS bisa kemana ya?
    Terimakasih sebelumnya.

    • Hallo paulus. Bagaimana keadaan adiknya? Sudah ke medistra? Saya jg terkena ADEM. Binggung jg hrs ke dokter mana? Tadinya kepikiran untuk berobat ke dr eka di siloam atau jusuf misbach. Tp selain ADEM, saya lebih susah jalan. Dan kaki gampang bengkak di pergelangan dan sekitarnya. Jd skrg binggung apa hrs ke syaraf+ penyakit dalam atau cukup salah 1.

  • Hallo sis.. Adik ku badu saja di diagnosa lupus oleh spkk karna melihat tanda buterfly di muka nya..kita kebingungan harus kemana lebih dulu.. Rumah kita di bandung please info

    • Utk ke Jakarta apakah memungkinkan? Bisa ke spesialis imunology atau rheumatology. Di Jakarta banyak yg rekomen. Jika tdk memungkinkan sy akan cari info dlu utk dokter d bandung. Tlg hubungi saya di WA 081226961119 jaga jaga urgent karna sedang jarang buka web bulan ini

  • Dear Mba kezia,

    Saya seorang ibu, kebertulan anak saya kena beurger disease , sudah beberapa kali cuci darah tapi tidak ada perubahan.
    ke dokter mana sebaiknya mba.

    terima kasih
    agustina

    • Salam kenal Bu. Jika sudah lama belum ada perbaikan saya saran ibu coba berkonsultasi ke dokter Novi. Beliau adalah pakar kedokteran fungsional yg bisa membantu pasien memahami akar masalah dalam tubuhnya. Harapannya ketika kita paham akar masalah, maka solusi akan lebih tepat. Bisa cek di web dok. Novi berikut dokternovia.com/contact.php . Disitu ada kontak nya utk buat perjanjian konsul ya Bu. Semoga membantu. Saya doakan anaknya segera membaik dan pulih

    • malam. dr iris spesialis imunology harusnya bisa. purpura masuk dalam ranah penanganan beliau. namun jika mau langsung spesifik ke dr kulit yang menguasai autoimun ada rekomen dr.Endi di R.S Medistra Jak Sel. beliau dr kulit khusus imunology

  • Selamat Sore Bu Kezia
    saya dewasa mengalami alergi disekitar muka saja,terkadang ketika dia timbul wajah saya timbul bentol”seperti kena ulat bulu.
    kebetulan hari ini ada medical check up dikantor dan saya disarankan untuk ke dokter spesialis imunologi.bpleh infonya rs atau klinik yang tersedia dokter spesialis imunologi daerah jakarta timur.

    • ada beberapa nama. spesialis rematology yg saya tau. nanti bisa dicek ke RS nya ya.
      dr. Rachmat GUnadi W,SpPD-KR poli spesialis RSHS dan RS Muhamadiyah
      dr. Laniyati Hamijoyo,Sp-PD-KR,Mkes RSHS dan RS.ADVENT
      dr. Sumartini Dewi, SpPD-KR,M Kes RSHS poli anggrek, RS Hermina Arcamanik

  • Malam mba Kezia, saya mengalami berbagai symptoms yg mengarah ke autoimun dan fibromyalgia, mulai dr muscle spasm, daerah tulang belakang dan leher, flares hampir di seluruh tubuh pindah2, kesemutan, burning sensation, pins & needles, tremor, tidak ada tenaga, sulit konsentrasi, sulit tidur dan nyeri dada. Sudah ke berbagai dokter specialist, tidak ada yg memberikan kepastian, hanya “mungkin autoimun”. Cek darah bagus, lupus dan RA negatif. Sudah berbagai obat otot dan syaraf, suntik, fisioterapi, akupuntur, belum ada kemajuan. Beberapa dokter menyarankan saya “terima saja” dan “berdamai” dengan sakitnya. Kira2 saya harus kemana mbak? Mohon sarannya… Terima kasih

    • bisa coba ke dr. theresia novy di R.S Advent Bandung. yang pasti jangan kebanyakan baca google lalu menyimpulkan, diagnosa ditetapkan oleh dokter supaya kita terhindar dari kekeliruan yang makin membuat jadi salah kaprah ya.. nanti kalo sudah jelas fibromyalgia bisa hubungi saya di WA 0812.2696.1119 karna ada komunitasnya.

  • Hai bu kezia,
    Sy mau tanya kalau dokter yg bagus untuk menangani masalah Autoimun SLE dimana ya? Rmh sy daerah jakarta barat, terima kasih

  • Hi bu kezia,
    mohon bantuan infonya untuk penanganan autoimun alopecia areata untuk anak kecil umur 7 tahun harus ke dokter mana.
    area jakarta ya bu. Terimakasih.

  • Mba istri saya biduram sejak kelas 3 sd hingga skrg punya anak2, klo minum obat bidur nya parah sekali, dan hari ini oun sedang meradang, sayaibgin berobat di jakarta dmn ya mba?? Saya dr lampung.. d sni g ada dokter nya… saya baca2 artikel dr heru dan dr iris bagus ya.. mana yg lebih rekomend..

  • Hi kak Kezia, thank you banget buat sharing nya. Sangat bermanfaat sekali apalagi utk saya yg awam ini. Untuk autoimun sjogren syndrome, apakah kak Kezia ada referensi dokter lagi selain dr Nanang?

    Makasih ya kak Kezia.

    Salam,
    Sandra

  • Siang bu, kulit saya bentol bentol merah satu badan, ada yang gatal2 dan ada yang sakit kalo di pegang… sudah cek ke 6 dokter kulit tapi nga sembuh2. hampir membaik tapi kambuh lagi… terus terus begitu. ada rekomendasi ke dokter mana yang lebih baik ya? fyi, umur saya 40

  • siang mba kezia, mau tanya rekomen untuk dokter autoimun di badung dokter siapa? saya sdh cek darah ana if dan positif 1:100. terimakasih.

  • sore kak keiza, adik saya menderita autoimun GBS, mohon info kemana saya bertemu dokter yang tepat. adik saya kebetulan berdomisili di medan.
    Terima kasih kakak

  • Halo mb Keizai, suami saya baru aja keluar dr rs krn mengalami alergi analphirastik shock, ke dokter mana yg bagus utk test alergi.. Saya tinggal di jaksel.. Trimksh mb Kezia

  • Halo Ibu Kezia,
    Anak saya kena GBS. Sudah selesai perawatan di RS dengan mendapatkan obat gamaras. Sekarang dalam proses rawat jalan utk terapi jalan, berdiri, duduk.
    Boleh minta referensinya dokter auto imun anak. Atau ke dokter apa yang tepat.
    Terima kasih

  • Halo kak, nama saya Inka. Saya sering mengalami pusing (migrain dan vertigo) nyeri-nyeri di persendian pergelangan tangan, jari, lutut dan sekarang merambat ke pergelangan kaki dan tumit. Pada tahun 2016, saya di diagnosa Autoimun. Namun, belum tahu jenis autoimun nya apa, saya juga sempat ke Dr. Nanang, menurut Beliau saya Sjrogen dan di rujuk ke RSCM, namun di RSCM, ternyata saya bukan Sjrogen. Saya sempat tes untuk RA juga namun hasilnya negatif. Terakhir saya berobat, dirujuk ke bagian Rheumatologi RSCM, oleh dokter disana saya di diagnosa Polyarthritis non spesifik. Yang saya mau tanya, apakah ada Dokter di Jakarta yang menangani Polyarthritis? Terima kasih.

  • Selamat siang kak, saya laki-laki usia 30th, sebelumnya sekitar bulan November saya didiaknosa terkena penyakit “Cutaneous Autosensitization” dan saya dirujuk ke RS dijakarta, berhubung saya menggunakan BPJS dari Perusahaan, entah kenapa sebelumnya jadwal yang didaftarkan jam 2 siang berubah menjadi jam 5 sore, dan saya pun jam 5 sore harus kembali ke tempat kerja saya, jadi tidak bisa ketemu dengan dokter yang ditunjuk,

    Singkat cerita sekarang kondisi telapak tangan saya khususnya di jari-jari pada retak kak, dan sangat sakit, apa yang harus saya lakukan kan, dan RS mana dijakarta barat yang ada untuk Klinik Alergi Imunologi yang bagus dan dengan jadwal pagi serta bisa menggunakan BPJS, terima kasih kak sebelumnya.

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto