Rekomendasi Dokter Fibromyalgia dan Sakit Kronis Syaraf Otot

ce

Setelah bertahun-tahun pencarian akhirnya saya menemukan dokter yang sangat bagus dan sangat rekomen. Sebelumnya saya berobat untuk kasus autoimun dan fibromyalgia di Malaysia. 1.5 tahun berlalu tiba-tiba sang dokter berhalangan untuk waktu lama, lalu beliau menyarankan saya untuk menghubungi rekannya di Indonesia agar treatment tidak terputus, setelah saya hubungi ternyata beliau praktek di Bandung. Namanya Dokter Theresia C.T Novy, Sp.KFR.Mkes atau lebih familiar dipanggil dokter Novy atau TCT. Kesan pertama konsultasi dengan dokter ini sangat ramah, friendly dan tidak anti dengan semua hasil pemeriksaan saya dari luar. Bahkan dengan sabar mendengarkan curhatan saya yang merasa “lelah” bertahun-tahun mencari dokter yang tepat untuk penanganan sakit yang rasanya tak terkatakan. Dokter Novy juga sangat edukatif.

Dokter Novy merupakan pakar bidang intervensi nyeri (rehabilitasi medik), certified acupunturist assessor dan yang lebih kerennya lagi, beliau adalah pembicara nasional dan internasional kongres khusus bidang nyeri. Waow keren kan? saya merasa konyol karena bertahun-tahun tidak ketemu dengan ini dokter sampai harus jauh-jauh ke negara lain karena ketidaktahuan. Dengan kehebatannya, dokter Novy tetap humble, dan sangat peduli dengan pasiennya. Ketika menangani kasus saya, tidak langsung dikasih tindakan injeksi seperti yang biasa dikerjakan oleh dokter saya di Malaysia, namun coba dengan obat oral dulu. Ketika tidak ada perubahan baik, barulah diambil tindakan injeksi untuk kasus fibromyalgia saya. Bentuk kepedulian lainnya terhadap pasien ditunjukkan dengan mengajari hal-hal apa saja yang bisa membuat kita sebagai pasien bisa minim nyeri antara lain dengan 4 hal

  • olahraga. Ketika olahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang sifatnya seperti morfin membuat relax, tenang dan otomatis akan memperbaiki tubuh dengan sendirinya. Memang kontroversi dengan keadaan pasien apalagi seperti saya semua badan sakit. tapi kenyataannya ketik dipraktekkan memang bermanfaat dan sangat membantu mengurangi nyeri. Mulai dari jalan cepat 5 menit lalu ditingkatkan. Olahraga jangan disamakan dengan kerja harian, mengepel, menyapu, dsb. Olahraga harus khusus dipersiapkan untuk olahraga, pikiran memang untuk olahraga dan kecepatan konstan yang dilakukan itulah yang akan membuat tubuh memproduksi endorfin.
  • menyalurkan kesukaan. Dokter Novy ini selain berprofesi sebagai dokter, beliau merupakan fotografer yang handal, bahkan membuat buku fotografi berjudul Pertiwi Indonesia bersama rekan-rekannya sesama fotografer. dalam bukunya beliau menulis “taking picture is good for your health, taking pictures keep the doctors away!”. Sepertinya aneh, tapi memang betul bahwa ketika kita menyaluran hoby yang kita suka, fokus kita bukan lagi kepada rasa sakit dan stress. Stress harus dikelola, salah satunya dengan cara melakukan yang kita suka.
  • be happy. Ini kunci hidup sebagai penderita penyakit kronis. hati gembira adalah obat. karena pedulinya dengan poin ini, sang dokter sampai memanggil tunangan saya dan mengedukasi mengenai sakit saya yang tidak mungkin sembuh total secara medis, sehingga harus tahu kondisi sebenarnya. Jika tidak siap, lebih baik berpisah dari sekarang. Ini sungguh tindakan langka yang pernah saya terima dari dokter yang menangani saya. Sangat peduli dan menjaga kesehatan saya ke depannya.
  • obat seminimal mungkin. Saya sama sekali tidak diberi obat baik pengurang nyeri yang diminum harian, anti depresan atau jenis lainnya setelah proses injeksi. Karena memang  tidak diperlukan. tentunya sebagai pasien saya meras aman karena tidak harus tergantung dengan obat-obatan.

Teknik yang dilakukan untuk mengobati ada banyak cara, yang pastinya aman dan nyaman. peralatan yang digunakan di ruangannya juga canggih seperti ketika saya berobat di Malaysia. Suster asisten Dokter Novy juga sangat ramah dan helpful. Bagi teman-teman yang mungkin mengalami nyeri bertahun-tahun tidak kunjung sembuh, bisa datang berkonsultasi dengan dokter Novy. Sangat edukatif dan friendly. tapi harus Daftar dulu ke Rumah Sakit untuk cek apakah dokter praktek karena beliau sering ke luar sebagai pembicara. supaya tidak miskomunikasi ada baiknya cek terlebih dahulu. https://keziayamamoto.com/2017/08/25/fibromyalgia-ketika-tubuh-nyeri-semuanya-dan-tidak-paham-bagaimana-menjelaskannya/

 

Alamat praktek di bandung pain rehab center , jl.cipaku indah III no.8 Bandung. No telp +62811-2148-188, Juga praktek di  R.S Advent,  Jika teman-teman berasal dari luar kota, bisa menginap di hotel terdekat yaitu Cathalia Hotel Cipaku yang sangat dekat dengan klinik praktek dokter Novy hanya di sebrang jalan dan mudah berjalan kaki, hargapun cukup murah, saya biasa pesan lewat aplikasi travel harganya hanya kisaran 100 ribu per malam.  Untuk ke sana yang ngga mau kena macet pakai kereta api, gambir-bandung nanti dari stasiun bisa naik taxi atau ojek online. Silahkan kunjungi web bandung pain rehab center untuk info lengkap. Semoga info ini berguna dan menjadi jawaban bagi teman-teman yang selama ini tersiksa dengan nyeri kronis di tubuhnya. be happy and stay healthy! 

Kezia Yamamoto, S.Kom, M.Th

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

12 comments
  • Selamat pagi mba,saya juga di diagnosa fibromyalgia sejak 1,5 th lalu dan semakin sakit hingga sekarang.sudah banyak dokter spesialis yang saya kunjungi tanpa ada hasil.saya sering frustasi dengan sakit ini karena orang orang di sekitar saya mengaggap saya berlebihan.sayangnya dokter dokter yang saya kunjungi jarang ada yang mau mendengarkan keluhan sakit yang hampir menyerang semua sendi dan otot.tolong di share bagaimana mba kezia bisa bertahan dengan sakit ini.saya sampai keluar kerja karena sakit ini.apakah ke dokter Novi sangat membantu meringankan sakit ini dan bagaimana biayanya.karena saya sudah tidak berkerja.terimakasih sebelumnya

    • halo. sejauh ini saya sangat terbantu dengan dr.Novy. beliau adalah dokter rekomen dari dokter saya sebelumnya di Malaysia. detail, helpful dan frendly. bisa coba konsultasi dg beliau jika memungkinkan. metode penyembuhannya juga disesuaikan dg kondisi pasien tidak sama rata. beliau juga tidak asal kasih obat jika tidak sangat terpaksa sekali. sejauh ini saya happy dan sangat terbantu dg dr. Novy

  • Hi, mba kezia…
    Salam kenal…
    Keponakan saya jg didiagnosa fibromyalgia…
    Selama ini, dia berobat dgn salah satu dokter di Malaysia, krn kebetulan dia jg sedang kuliah d sana…
    Apakah di jakarta ada perkumpulan / group therapy utk penderita penyakit ini?
    Utk saling share, agar dia tidak merasa dia sendiri yg menderita penyakit ini… Agar bisa saling memotivasi…
    Krn bbrp saat terakhir ini, dia suka blg sudah tidak kuat lagi… Saya sangat sedih melihatnya…
    Trima kasih…

  • Hi kezia, boleh cerita ga sesudah berobat ke dokter novy ini perkembangan fybromylgia gmn? Apakah rasa nyeei menurun? Apakah dosis obat2 dr dokter sebelumnya di kurangi secara perlahan? Kebetulan sy juga lagi coba berobat sama beliau. Thx ?

    • sudah jauh lebih baik. menurun banget, kalo dulu level 9 karna ga bisa ngapa ngapain aplagi duduk menakutkan, sekarang ya 4 lah. sekarang injeksi juga lebih jarang. sudah ngga minum obat lagi saya. cuma dikasih vitamin B aja. pasti perlahan diturunkan berdasarkan kondisi ya, makanya harus bersinergi, sementara diobat dikasih obat dan terapi jangan males olahraga, jaga makan sehat dan managemen stress. supaya kondisi makin baik, obat juga makin dikurangi.

  • Halo kezia,
    Salam kenal.. saya baru konsultasi dengan dokter novy 1x. Mohon masukkannya setelah berobat dgn dr. Novy, apakah rasa nyeri bertambah baik? Apakah dosis obat2an nya dikurangi tdk? Apakah masi berkonsultasi dgn dokter di malaysia?
    Terima kasih ?

  • Salam kenal mbak kezia, saya mau nanya2 tentang penyakit ini krn saya curiga terkena penyakit, gejala yg saya alami hampir smua. Sudah periksa ke dokter syaraf dan tulang, awalnya ada pembengkakan di sendi tp sekarang sudah membaik menurut hasil mri, hanya saja rasa nyerinya ga kunjung pergi, pernah juga pindah2 di beberapa bagian. Saya jd curiga dan takut dikira berlebihan krn ngeluh sakit. Boleh minta nomor yg bisa di hubungi kah mbak, soalnya saya mau nanya2 ttng penyakit ini

  • Hei ka

    Saya terdiagnosa fibromyalgia sekitar 5 bulan yg lalu,saya sampai resign dr kerjaan karena sakit ini,
    Dan untuk keluarga sama teman tak ad pernah percya dengan sakit ku padahal ini sakit sekali,saya mencoba berdamai dengan keadaan tetep tidak bisa karena sakit saya tidak bisa disembunyikan padahal untuk ukuran orang sakit seperti tidak sakit karena muka dan badan tetap biasa aja maka dari itu orang sekitar tak pernah Percya,saya pingin ikut di komunitas fibromyalgia biar saya lebih merasa punya teman,
    Dan saya pingin melakukan pengobatan,,

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto