Makanan Pengganti Nasi Untuk Autoimun

Sebagai pejuang Autoimun, sebaiknya menghindari nasi putih Karena kandungan glikemiknya sangat tinggi sekitar 88-89 sementara batas normal yg kita bisa konsumsi adalah Di bawah angka 70. Glikemik tinggi ini cepat diserap dalam darah yang efeknya bisa menyebabkan obesitas dan diabetes, Karena Autoimun rentan terkena banyak penyakit ada baiknya menjaga dengan cara mengganti nasi Putih dengan alternatif lain , Bisa nasi Merah,nasi coklat,nasi hitam, beras shorgum. Kebetulan Saya alergi dengan nasi putih jadi biasanya untuk karbohidrat  saya menggunakan

Jagung Rebus / kukus

Selain kandungan karbohidrat Yg baik untuk tubuh, angka glikemik jagung tergolong rendah sekitar 55-60 saja. Kandungan lainnya antara lain vit B, antioksidan, serat, dan fruktosa. Karena rendah kalori jagung cocok sekali untuk yang sedang diet.

Ubi kukus

Angka glikemik ubi hanya 54, selain karbohidrat ubi juga mengandung vit A,But B1, Vit C, zat besi, kalsium,fosfor dan betakaroten.

 

Bertahun-tahun tidak konsumsi nasi putih tidak masalah bagi saya karena Indonesia punya banyak bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat. Mulai biasakan variasikan menu makanan sehari-sehari kita ,jangan teegantung hanya dengan nasi putih, tapi ingat tetap memperhitungkan nilai gizi jangan sampai kita mallnutrisi ya odamun. Salam sehat dan semangat selalu.

 

Kezia Yamamoto, S.Kom, M.Th

-salah satu founder sjogren’s syndrome indonesia-

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

2 comments
  • Dea Kezia,

    Jia odamun disarankan menganti nasi dengan carbo yg non gluten,bagaimana jika menerita magkrois (erat) sejak di usia 20 tahun? dan asam lambung tinggi dan kalau makan kenyang baru asam lambung mengurangi perih lambung

    • sepertinya ada salah pengertian. ganti nasi dengan karbohidrat lain seperti singkong, ubi, jagung, dan umbi umbian lain. nasi tidak mengandung gluten. lalu ntuk gluten yang dihindari itu terdapat di gandum dan barley serta produk turunannya misalnya tepung terigu. jadi kurangi makanan gorengan, mie, kue dan roti yang bahannya terigu. ganti dari tepung lain seperti tepung singkong, tepung almond, bihun jagung. namun semua itu harus tetap diuji di tubuhnya seperti apa reaksinya.

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto