Ini Dia SKJ 48 Pereda Nyeri Bagi Autoimmune Survivor

halooo para autoimmune survivor, kali ini saya akan menuliskan resep minuman alami yang bisa membantu meringankan nyeri, secara kita kan pasti mengalami nyeri sendi dengan berbagai level… terus sabar dan berusaha semaksimal mungkin terutama dari segi asupan makanan.

sekedar share ketika tahun lalu saya lumpuh dan nyeri sampai tidak bisa disentuh beberapa waktu karena autoimmune, saya tidak pernah menggunakan suplemen apapun. selain obat yang dianjurkan dokter, saya pakai cara ini dan progress kesehatan semakin baik, remisi obat dengan cepat, tidur juga berkualitas padahal sebelumnya insomnia akut.

well tidak berlama-lama nama minumannya SKJ 48, kenapa SKJ 48 ? karena terserah saya, kan saya yang kasih nama. hehehe 🙂

bahan

  • Sereh 1 batang (jika batangnya besar bisa setengah)
  • Kunyit 1 ruas besar
  • Jahe 1 ruas besar
  • gula aren / madu
  • air 3 gelas

Cara

  • bersihkan semua bahan ( jika suka dimemarkan, dikupas, dibakar terlebih dahulu silahkan, tidak masalah )
  • potong2 lalu masukkan ke dalam panci berisi air
  • rebus dengan api kecil sampai mendidih dan tunggu sampai air berkurang kira-kira menjadi 2 gelas air saja
  • saring dan tambahkan gula aren / madu secukupnya
  • jika suka bisa tambahkan sedikit perasan lemon / jeruk nipis
  • minum pagi dan sore

 

Catatan

  •  jika anda punya maag, jangan pakai jahe dan jeruk nipis. karena jahe bersifat panas dan jeruk nipis bersifat asam. jeruk lemon bersifat basa meskipun rasanya asam jadi masih boleh digunakan
  • jika suhu tubuh biasa, jangan minum ini malam hari menjelang tidur, karena justru membuat sulit tidur karena badan panas. kecuali jika badan dingin dan flu minuman ini bantu meringankan gejala flu nya.
  • jangan buat banyak-banyak lalu simpan kulkas, sebaiknya fresh. namun jika repot dan mau sekaligus buat untuk 2 hari, tambahkan jumlah bahannya untuk beberapa gelas lalu panaskan ketika hendak diminum ( jangan di masukkan kulkas )
  • kandungan jahe, kunyit, sereh bagus untuk tubuh karena berfungsi sebagai anti peradangan namun sesuaikan dengan kondisi tubuh, jika alergi dengan salah satu bahan , hindari bahan tersebut.

 

 

Q&A ( Q = pertanyaan , A= jawaban )

Q : kenapa ngga dikupas dulu?

A : karena saya ngga mau kelamaan dan tangan kuning karena kunyit :-p, jika anda suka dikupas terlebih dahulu, silahkan.

 

Q : kalau saya ngga bisa minum gimana ?

A : dicoba dulu demi kesehatan, kalau memang tidak bisa ya sudah jangan dipaksa. jangan stress nanti tambah sakit lho!

 

Q: warnanya kow berbeda dengan gambarmu?

A : bahan alami kan berbeda-beda tergantung sumber jadi warna tidak jadi masalah, jika hanya sebatas lebih terang atau lebih gelap, kecuali warnanya jadi hijau baru cek jangan-jangan kecampur sayur ketika membuat :-p

 

Q : apa pasti bisa menyembuhkan nyeri sendi ?

A : berdasarkan kandungan bahan, memang bagus dan membantu meringankan nyeri. untuk sembuh total tidak bisa menjamin 100%, dokter saja belum menemukan formula jitu untuk penyembuhan autoimmune koq, namanya juga kita usaha. coba dulu baru tau khasiatnya

 

Q : minum ini temen saya membaik, koq saya belum ?

A : kondisi masing-masing tubuh berbeda, respon tubuh terhadap sebuah asupan juga berbeda. sabar. jika memang dirasa tidak ada kemajuan berarti ya sudah dihentikan saja, hidup dibuat mudah.

 

resep ini bukan panduan wajib. hanya sifatnya berbagi karena saya pernah memakai cara ini dan sangat terbantu. barangkali ada yang cocok juga dengan cara ini. semoga bermanfaat, jika tidak, abaikan! take it easy 🙂 thank you sudah mampir di web saya dan membagikan artikel-artikel tentang autoimmune di web saya. keep smile n keep fighting even with invisible illness.

 

Kezia Yamamoto, S.Kom, M.th

– salah satu founder Sjogren’s Syndrome Indonesia –

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

1 comment
Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto