LEVEL UP YOUR LIFE

Daniel 1:3-5

Dalam hidup pasti kita tahu tentang slogan NEXT LEVEL, keadaan dimana ada peningkatan level, ada perubahan menuju hal yang lebih baik. Kitapun pasti menginginkan ada peningkatan itu dalam hal apapun. Untuk menuju kesana tidaklah mudah, seperti Daniel dkk, mereka diangkut dari negeri asal lalu dijadikan budak, jadi pelayan raja di negeri pembuangan, namun ternyata kehidupan mereka tidak menderita sebagaimana budak pada umumnya. mereka menjadi pelayan kerajaan. apalagi khususnya Daniel, ketika Raja berganti beberapa kali, Daniel tetap menjabat sebagai perdana menteri. bukankah ini sesuatu yang hebat?

APA YANG HARUS DIKERJAKAN SUPAYA KITA BISA NAIK LEVEL DALAM KEHIDUPAN INI?

1. Jangan Biarkan Orang mengganti identitas kita.

Nama Daniel artinya Tuhan adalah hakimKu, diganti menajdi Beltazar yang artinya Dewa Bel akan melindungi.
Hanaya artinya Tuhan itu murah hati, diganti menjadi Sadrakh yang artinya perintah dari aku (dewa bulan).
Misael artinya siapa seperti Allah diganti menjadi Messakh yang artinya siapa seperti aku (dewa bulan).
Azarya artinya Tuhan penolong diganti Abednego yang artinya pelayan dari dewa nebo.

Meskipun nama mereka diganti tapi hidup mereka tetap sesuai nama mereka awalnya. Bukan hidup penyembah berhala. Identitas kita adalah anak raja, dari Surga dengan destiny ajaib namun jika keadaan kita sekarang buruk dan orang menganggap kita tidak bisa, tidak sanggup, tidak akan maju maka keputusan ditangan kita, apakah kita mau dengar mereka yang anti identitas kita adalah orang gampangan, orang murahan, orang gagal, orang lemah? Mental dan karakter kerajaan harus jadi bagian kita. Ketika kita mengaku anak raja berarti posisi kita adalah anak, bukan budak, bukan follower.

Ibarat seorang anak punya komunikasi yang benar dg Bapanya. Lalu bagaimana kita dengan Bapa di Surga? apakah kita sudah setia berkomunikasi melalui doa dan pembacaan Firman? Daniel dkk tidak meninggalkan kebiasaan doa, hubungan dg Tuhan luar biasa. Mau dibunuhpun mereka tidak menyangkal Tuhan.
Jangan hidup menjadi seperti follower sosial media, yang cuma like atau suka memberikan komentar tapi tidak pernah kenal, tidak pernah berkomunikasi langsung dengan teman-temannya.
Mental anak raja harus dibentuk sejak awal

Contoh :

  • Mental suka gratisan, malas, tidak mau memberi.
  • Mental kerajaan memberi dan tidak perhitungan dengan Tuhan.
  • Mental kerajaan berjalan teguh kedepan menggenapi janji janji Tuhan misalnya mengenai pasangan hidup.
  • Mental rendahan rela tinggalkan Yesus demi pasangan, jabatan, uang.
  • Mental kerajaan tetap teguh berdiri apapun kondisinya. Ia mengerti bahwa Tuhan akan pertemukan yang sepadan dan sevisi dengannya.

2. Upgrade Kualitas hidup kita (ada 8 area disebut di ayat 4)
Muda – young people
Menurut WHO.int muda itu s.d usia 60th berarti yang sudah menjadi bapak ibu juga masih muda. Jiwanya harus muda, semangat, excited. Jangan terlena dengan masa lalu. DULUUUUU saya pelayanan, dulu saya hebat, dulu saya semangat. Sekarang harus sama. tidak masalah startnya kapan, tapi saat dimana anda ketemu passion, impian besar dan excited utk meraih maka akan terjadi. Saya pernah melihat berita tentang pria yang berusia 60 menjadi pelatih Gym. Dia baru mulai membentuk badan di usia 55 itu bukti bahwa usia bukanlah halangan untuk berkarya dan menjadi lebih baik.

tidak cacat = moom (muum)
Disini tidak sekedar cacat fisik namun moral.
Cacat dlm artian kita merusak tubuh sendiri, orang merokok, mabuk, ngedrugs itu merusak.
Cacat moral ; kelakuannya jadi contoh jadi teladan. Hidup dalam kebenaran Firman Tuhan.
ketika masa saya sakit dan keadaan memburuk, dokter memberikan obat yang mengandung sedikit morfin sebagai pain killer, hanya dalam jangka waktu 6 bulan sudah merasakan keanehan, menjadi tidak fokus dan kuang konsentrasi. karena menyadari adanya efek buruk maka berusaha untuk menghentikan konsumsi obat, meskipun sangat sakit, saya lebih memilih menggunakan hal-hal alami untuk mengurangi rasa sakit.

Perawakan baik
Proporsional
Tubuh fisik perlu dilatih supaya sehat dan good looking. Hati baik memang bagus, ditambah penampilan baik akan sangat menunjang. Dan harus diusahakan.
Yg overweight karena kelebihan makanan harus control
Yg kurang berat badannya harus olahraga dan memperbaiki asupan. ‘semuanya bagian kita, jangan suruh Tuhan urusin badan kita.

Skillfull ( hikmat )

Daniel dkk. sangat skillfull karena pilihan seleksi yang ketat.
Bisa mengeksekusi dengan tepat di waktu yang tepat, jadi tidak sekedar bisa tapi menguasai sepenuhnya.

Contoh:

  • Kita bisa kutak katik mesin ala kadarnya, tapi montir pasti lebih jago
  • IT handal bisa bikin program dll tidak sekedar browsing internet.

Pengetahuan Banyak (Mau Belajar Banyak Hal Baru)
Jaman sekarang kalo kita tidak mau belajar hal-hal baru kita akan ketinggalan jauh.
Di ministry tempat saya bertumbuh, disarankan baca buku sebulan 1 buku. Supaya menambah pengetahuan. Pakai gadget untuk cari pengetahuan baru bukan lihat gossip. Jika kita mau jadi pengusaha harus banyak belajar, banyak ikuti perkembangan apa yg sedang potensial. Jadi hamba Tuhanpun jangan sekedar rutinitas, harus mau timba ilmu. upgrade pengetahuan.

Punya PENGERTIAN Tentang Ilmu – Quick to Understand
MENGERTI  berbeda dengan sekedar TAHU
mengerti itu memperhatikan supaya paham dan jelas.

Contoh :
sejak didiagnosa sakit sjogren syndrome saya mempelajari dari berbagai sumber, tujuannya agar mengetahui lebih jelas bagaimana penangaanannya. Selain itu, bergabung dengan komunitas autoimmune, dari sana banyak belajar banyak kasus dari teman-teman, saya banyak beranya kepada dokter yang merawat dan akhirnya sekarang menjadi salah satu pendiri komunitas Sjoren’s Syndrome Indonesia.

Mampu Bekerja di Istana Raja

(bahasa aslinya aw mad = punya daya tahan)
Istana penuh aturan, birokrasi dan disiplin yang kompleks, jika kita tidak punya daya tahan, tidak bisa diatur sedemikian rupa maka tidak akan ada orang yang suka dengan kita. Tahan berbeda dengan kuat
contohnya, Kuat itu ketika tinju sanggup memukul terus menerus, namun tahan itu ketika ditinju berkali-kali namun tidak jatuh.

Lari sprint hanya 100M, sedangkan marathon 42km makanya disebut sebagai lari tahan lama. orang yang biasa ikut sprint belum tentu bisa ikut marathon sampai selesai karena tidak mungkin tahan dengan jaraknya yang belum pernah dilatih. Tahan itu berarti ketidaknyamanan ditanggung sampai selesai.

Kemapuan Adaptasi (Bahasa Orang Kasdim)
Kita harus bisa beradaptasi, dan bahasa merupakan alat adaptasi yang paling kelihatan.
Pentingnya pengetahuan bahasa. Kalau kita mau berkembangan mau tidak mau, suka tidak suka belajar bahasa sesuai kebutuhan, jaman sekarang minimal bisa bahasa inggris, karena bahasa inggris adalah bahasa yang dipakai di berbagai belahan bumi.

Bersahabat Dengan Waktu

Daniel dkk masih harus disiapkan 3 tahun, padahal mereka sudah hebat, bukan orang biasa. Tidak ada yang bisa kalahkan waktu. Kerjakan apa yang harus dikerjakan, jangan suka menunda-nunda, kerjakan sekarang supaya semakin lama semakin bagus. Fokuslah di situ. Ilmu bisa dicuri tapi pengalaman tidak. 10 th tidak fokus dibanding dengan 1 bulan fokus pasti beda hasil. Apalagi kalo 10 th fokus dan sungguh2 pasti akan menjadi sangat hebat.

Musa persiapan 40th
Abraham 25 th
Yusuf 13 th
Yesus 30 th persiapan
kita sudah berapa tahun?
Kalo baru setahun dua tahun merasa hebat, perlu diingat bahwa di luar sana banyak yg lebih lama dan lebih hebat. Pengalaman tidak bisa dilawan

Ini bukan motivasi, ini kebenaran Firman yang Tuhan yang harus kita kerjakan supaya kita bisa alami spt daniel dkk, naik ke level yang lebih baik dan pada akhirnya Tuhan dimuliakan. kemuliaan hanya badi DIA, bukan bagi DUA.

hambaNya,

Kezia Yamamoto, S.kom, M.th.

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto