Ada berapa banyak diantara kita yang ingin sukses, berhasil dalam pekerjaan, mengalami pemulihan, atau punya impian lainnya yang besar dan mungkin hal itu terlalu besar dimata orang lain? 

Seiring berjalannya waktu berapa banyak yang doanya, keinginannya, kerinduannya, impiannya itu menjadi kenyataan?

Kita sering berkata dengan mudah bahwa kita percaya, kita beriman bahwa Yesus sanggup menolong untuk semua yang kita harapkan tadi, namun ketika diperhadapkan kepada kenyataan yang berbeda dari harapan tidak jarang yang kemudian ragu-ragu, kita menjadi takut dengan kondisi dan kenyataan yang ada lalu mempengaruhi iman percaya kita akan kemahakuasaan Tuhan. Inilah yang sering menjadi masalah besar dan menghambat bagi iman kita yaitu ketakutan.

KETAKUTAN ITU MANUSIAWI.

Sebagai manusia yang hidup normal, memiliki rasa takut akan sesuatu itu wajar. Karena kita punya pikiran dan perasaan yang sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan yang membentuk kita. Namun yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai ketakutan itu membuat kita berhenti berharap. Yesuspun takut dengan maut yang menghadapi buktinya Dia berdoa sampai peluhnya seperti darah dan dia minta “kalau bisa cawan ini lalu dari padaku” tapi Yesus tidak berhenti di situ saja. Dia berkata “bukan kehendakKu, tetapi kehendakMu”, Yesus tidak membiarkan diriNya dikuasai oleh ketakutan.

Ketakutan yang ada dalam diri kita harus diatasi.

IMAN ITU MELANGKAH.

Dalam kisah Petrus yang berjalan di atas air ( Mat 14:25 –  32 ), tertulis bahwa dia ingin membuktikan apakah yang berjalan di atas air adalah benar Yesus, oleh sebab itu petrus ingin berjalan di atas air. Petrus melangkahkan kakinya keluar dari perahu, akhirnya dia bisa berjalan di atas air. Seandainya Petrus tidak melangkahkan kakinya keluar dari perahu dan menginjak air, dia tidak akan pernah tahu kalo dia bisa berjalan di atas air yang secara hukum dunia itu mustahil, dan Dia tidak bisa membuktikan bahwa yang dia tuju adalah benar-benar Yesus. Keberanian melangkah adalah kunci iman kita untuk hal apapun yang kita doakan dan impikan. Melangkah merupakan sebuah keputusan pribadi untuk bertindak.

seberapa sering kita berani ambil keputusan, melangkah dengan pasti untuk mencapai apa yang kita doakan? atau kita jadi orang yang sekedar punya keinginan, doa, cita-cita besar tapi tidak pernah melangkah sama sekali dengan alasan takut?

contoh :

  • INGIN buka usaha ini itu sesuai impian, TAKUT gagal akhirnya tidak pernah buka usaha.
  • INGIN ikut lomba, tapi TAKUT jelek dibanding peserta yang lain akhirnya batal kirim materi lomba.
  • INGIN keluar dari lingkungan yang salah, TAKUT disebut munafik akhirnya terus terkungkung di sana.
  • INGIN sembuh dari sakit kelumpuhan, mau belajar berjalan TAKUT jatuh akhirnya tidak pernah melatih otot kaki nya.

Banyak sekali KEINGINAN yang tinggal keinginan karena dihalangi oleh KETAKUTAN.  Ada pula yang terhalang mimpinya, bahkan bisa jadi kehilangan kesempatan karena punya phobia atau takut terhadap sesuatu seperti tinggi, gelap, binatang, dan sebagainya. Takut adalah salah satu hal yang membuat orang percaya sulit berkembang. Apa ketakutan yang ada di dalam diri kita saat ini, di area mana kita sering menghadapi takut? Latihlah untuk mengatasinya. Sebagai contoh misalnya orang yang takut dengan ketinggian harus dilatih berada di tempat tinggi, awal mula akan berat dan sangat menantang tapi itulah jalan yang harus ditempuh, untuk melatih diri mengatasi ketakutan. Bukan dihindari terus, tapi diatasi. Jika seseorang hendak buka usaha, meskipun takut gagal ya tetap coba memulai usaha, jika tidak memulai tidak akan pernah tahu gagal atau berhasil.

ROH YANG DARI TUHAN BUKAN ROH KETAKUTAN.

Dalam 2 Timotius 1:7 dikatakan  “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” berarti sebenarnya ketika seseorang sedikit-sedikit ketakutan untuk hal-hal yang belum pernah terjadi sesungguhnya tidak ada roh Tuhan dalam hidupnya, kalau bukan roh Tuhan berarti roh setan yang ada dalam hidupnya. orang yang paham ini akan sadar betul bahwa Roh Tuhan memberi kekuatan, kemampuan. dalam bahasa aslinya dikatakan sebagai “dunamos” artinya power to perform miracle, suatu kemampuan untuk membalikkan keadaan, dari yang mustahil menjadi mungkin. Berarti seharusnya jika kita sadar ada kuasa yang hebat yang menyertai kita, kita bisa optimis untuk mengatasi ketakutan atau kekhawatiran kita, apapun bentuknya.

 YANG BERANI MELANGKAH, IMANNYA TERBUKTI.

Ketika kita sudah melangkah mungkin perjalanan / proses nya tidak sesuai dugaan. banyak halangan, rintangan, tidak ada dukungan, atau mungkin kegagalan. seperti Petrus ketika merasa ada angin kencang, menjadi ragu-ragu dan dikatakan bahwa Petrus “kurang percaya” maka dia hampir tenggelam. Namun jangan pernah RAGU akan pertolongan Tuhan. Dalam kisah Petrus, Yesus memegang tangannya dan menariknya sehingga tidak sampai tenggelam. Pertolongan Tuhan pasti tepat pada waktunya. Jika kita mau belajar dari tokoh-tokoh dunia, penemu-penemu ternama selalu melalui proses kegagalan yang tidak sekali dialami, tapi karena mereka tidak ragu, tidak menyerah, maka mereka bisa mencapai apa yang mereka impikan.

Apa doa dan impian anda? apakah itu mustahil secara logika ? Firman Tuhan berkata “tidak ada yang mustahil bagi orang PERCAYA”. percaya dan MELANGKAHLAH dalam keyakinan! karena iman tanpa perbuatan adalah MATI. jangan jadi orang yang sekedar berdoa, bermimpi, dan hanya menunggu tanpa melakukan apapun.

Keberhasilan hanya datang kepada orang yang BERANI MELANGKAH.

 “SEGALA Perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku”, berarti tidak ada yang tidak mungkin. sesuatu yang tidak mungkin seringkali adalah sesuatu yang belum pernah dicoba sama sekali.

Mulailah melangkah tanpa membuat alasan. melangkahlah! bertindak untuk menggenapi impian, doa dan pergumulan kita!

 

His servant,

– Kezia Yamamoto, S.Kom., M.Th. –

 

 

Ditulis oleh
Kezia Yamamoto

Penulis Buku, Survivor dari 3 jenis invisible illness ( Sjogren's Syndrome, fibromialgya dan Tarlov Cyst), Pastor, Shofar Trainer, Internet Marketer, Web Developer.

Melihat semua artikel
Tinggalkan balasan

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .
Ditulis oleh Kezia Yamamoto